Use Case Sistem Konsultasi Penyakit via Web

Pendahuluan

Latar Belakang System

            Jumlah pegidap berbagai penyakit  di Indonesia semakin meningkat. Salah satu penyebab terjadinya ini adalah sedikitnya jumlah frekuensi pengidap berkonsultasi dengan dokter. Di beberapa tempat di Indonesia, masih sering didapatkan Medical Center terdekat dalam suatu daerah sangatlah jarang ditemukan, dan meskipun ada, jaraknya sangat jauh dari jangkauan. Faktor lainnya adalah telatnya diagnosa suatu kasus, sehingga jika tidak di diagnosa sejak awal, akibatnya menjadi sangat fatal. Dengan Aplikasi ini, diharapakan konsultasi dapat dilakukan tanpa bertemu secara fisik dengan doktor. 

User Scenario

 Skenario ketika User ingin melakukan konsultasi via Web.
1. User ingin bertanya tentang suatu permasalahan atau diagnosa.
2. User memilih menĂº Konsultasi dalam Main Menu.
3. System akan menampilakan pilihan menu
4. User memilih kategori berdasarkan keluhan yang dihadapi
5. System akan memberikan response melalui berbagai pertanyaan
6. System akan memberi pertanyaan lain. Pertanyaan lainnya tersebut berdasar apa yang telah dijawab oleh user di pertanyaan sebelumnya. Contohnya, jika user memiih jawaban “Ya” dari pertanyaan diatas, maka system akan mengirim pertanyaan lain yang berhubungan dengan penyakit yang kemungkinan di indikasi berdasarkan jawaban pertanyaan dari user, begitu juga sebaliknya jika menjawab “tidak”. Hal-hal ini berdasarkan semua kemungkinan keluhan dan abnormal kondisi yang ada dalam system database.




Istilah - istilah yang sering digunakan dalam pembuatan Aplikasi ini :
1.         Web Konsultasi : Nama Aplikasi
2.       Tamu : Pengunjung yang hanya mengunjungi Web, dia berada dalam kondisi tidak Login,     sehingga tidak memiliki hak akses seperti Member yang sudah Login.
3.        Member : Anggota dalam Komunitas web. Dimana dia memiliki hak akses untuk konsultasi  serta ikut dalam Forum yang ada.
4.        Administrator : Pengelola web, bertindak juga sebagai Owner dan Moderator Forum.
5.        News : Merupakan kumpulan arikel dan berita-berita, berkaiatan dengan penyakit, para Pengunjung dan Member bisa melihat kumpulan artikel ini dalam Web.
6.        Tips : Merupakan tips-tips yang diberikan pada pengunjung Web, tips ini merupakan tips secara Global, jadi bagi para pengunjung yang memiliki masalah khusus, mungkin tidak tersedia solusinya dalam menu tips ini,sehingga mengharuskan konsultasi via menu konsultasi.
7.        Forum : Merupakan Halaman Komunitas anggota  web, dimana mereka bisa sharing berbagai masalah, posting dan menanggapi masalah yang ada dalam forum. Hanya member yang dapat melaukan ini, sedangan Guest hanya bisa melihat.
8.        Posting : Mengisi komentar pada sebuah diskusi dalam forum.
9.     Konsultasi : Menu konsultasi, dimana user dapat berinteraksi dengan system melalui media pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan pada user.

Use Case Diagram

use case

use case


Use Case Specification untuk Guest
News
Pengunjung ingin melihat berita atau informasi-informasi yang terdapat dalam web.
Tips
Pengunjung ingin melihat tips-tips yang terdapat dalam web dengan memilih salah satu tips yang ditampilkan dalam daftar tips.
Forum
Pengunjung ingin melihat forum yang terdapat dalam web. Pengunjung hanya bisa melihat isi komentar yang terdapat dalam forum tersebut
Forget Password
Pengunjung ingin mengetahui password yang dimilikinya dengan memasukkan usernamenya.
Register
Pengunjung ingin menjadi anggota dari web dengan cara mendaftarkan dirinya.

Use Case Specification untuk Member
News
Anggota ingin melihat berita atau informasi-informasi yang terdapat dalam web
Tips
Anggota ingin melihat tips-tips yang terdapat dalam web dengan memilih salah satu tips yang ditampilkan dalam daftar tips.
Forum
Anggota dapat melihat, membuat forum (topik) dan memberikan komentar terhadap forum yang ada dalam web
Edit Account
Anggota ingin melihat atau mengubah informasi tentang data dirinya.
Konsultasi
Anggota ingin melakukan konsultasi tentang penyakitnya via web web dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan yang kemudian akan menampilkan jawaban dari permasalahan anggota tersebut.


EmoticonEmoticon